HomeBrandingTrend Marketing Saat ini
Trend Marketing Saat iniBy: Elavigne - 13 Des 2022
image

Kreativitas dalam berbisnis adalah modal utama seorang pelaku usaha untuk menjalankan perusahaan yang sedang dikembangkannya. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengikuti trend marketing saat ini untuk bisa membaur dan bersaing dengan para kompetitor.

Banyak sekali langkah bisnis yang bisa ditempuh dengan mengikuti perkembangan marketing saat ini yang berbasis digital. Berikut ini adalah beberapa contoh trend marketing yang bisa dijadikan referensi menjalankan bisnis baik bagi para pemula maupun yang sedang ingin beralih go online. 

Personalisasi Iklan

Sebagian besar konsumen saat ini sangat suka dengan konten-konten iklan yang memiliki kedekatan personal dengan dirinya. Cara ini membuat para konsumen memiliki ikatan kedekatan yang lebih intim dengan produk atau perusahaan yang memproduksi barang atau jasa yang digunakannya.

Sebagai salah satu contoh, penyedia layanan streaming film akan merekomendasikan film-film yang secara genre atau rumah produksi sama dengan film yang konsumen pernah tonton. Mereka akan membuat algoritma alternatif sesuai dengan frekuensi dan interaksi konsumen terhadap film-film sejenis untuk performa layanan yang lebih maksimal.

Perbanyak Konten Visual

Konten-konten berjenis visual saat ini memang merajai trend marketing, tidak terkecuali dalam trend marketing digital. Perusahaan berlomba-lomba untuk menciptakan iklan yang menarik secara visual untuk menarik para konsumen dalam sekali lihat. 

Tidak heran jika pada unggahan sosial media perusahaan banyak yang mengandalkan foto produk yang diperjelas dengan hanya melengkapi dengan sedikit deskripsi penting saja. 

User Generated Content (UGC)

Apabila produk yang dijual oleh perusahaan target pasarnya generasi milenial dan Gen Z, maka trend marketing User generated Content (UGC) bisa diterapkan. Teknik marketing jenis ini berjalan melalui kerja sama saling menguntungkan antara konsumen yang mengunggah sebuah produk pada media sosial dengan perusahaan yang memproduksinya.

Misalnya, seorang fotografer memberikan tips dan trik cara memotret yang baik dengan menggunakan beberapa produk kamera, nah UGC berperan saat fotografer tersebut merekomendasikan kamera produksi sebuah perusahaan sehingga produk tersebut bisa mendapat engagement tinggi di internet. 

Word of Mouth dan Influencher

Walaupun teknik marketing ini terbilang cukup konvensional, nyatanya dengan perkembangan zaman dan teknologi word of mouth bisa dikemas dan di upgrade menjadi lebih modern. Tidak bisa disangkal bahwa testimoni dari para pelanggan sangat berperan penting menaikkan nilai sebuah produk, apalagi jika yang berbicara kepada publik adalah seorang influencer. 

Service Improvement

Bagi banyak pelaku usaha, mungkin tidak menyadari bahwa pelayanan yang baik bagi para konsumen termasuk sebuah strategi marketing. Kepuasan para pelanggan adalah pencapaian besar bagi perusahaan, terutama untuk bisnis yang berdiri di bidang pelayanan seperti restoran atau kedai kopi. 

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan perusahaan untuk meningkatkan kualitas pelayanannya. Misalnya dengan mengatur daftar tunggu secara otomatis melalui table manajemen, mempercepat kedatangan pesanan, atau dengan mempermudah para pelanggan melakukan transaksi pembayaran dengan menyediakan berbagai alternatif sistem pembayaran.

Untuk mendukung usaha agar lebih meningkatkan pelayanannya, karts.id menyediakan produk berupa kasir online yang diberi nama pos.karts.id yang bisa dengan cepat dan mudah meningkatkan bisnis melalui fitur pencatatan transaksi yang dilengkapi dengan manajemen inventory dan pengelolaan bisnis lain yang lebih mudah sekaligus transparan.

Dengan satu aplikasi, usaha yang dijalankan bisa mengikuti trend marketing saat ini melalui cara service improvement yang memudahkan para pelanggan untuk bertransaksi.

TAGS
Buat website toko online Anda sekarangWhatsapp Kami
Syarat dan Ketentuan
Kebijakan Privasi
© Copyright 2023. Karts.id. All Right Reserved.