Kemajuan teknologi yang kini berkembang pesat membuat semua pihak yang terlibat dalam industri bisnis memutar otak untuk merumuskan strategi bisnis menggunakan berbagai platform digital. Dalam konteks ini, mereka bisa memilih menggunakan website atau ecommerce, serta memahami pentingnya website untuk toko online dalam meningkatkan publikasi produk dan membantu meningkatkan penjualan.
Nah, dalam pembahasan kali ini akan dijelaskan apa perbedaan dari website dan ecommerce yang bisa dijadikan acuan bagi para pelaku bisnis untuk memilih platform penjualan yang tepat untuk bisnis yang dijalankan.
Ini dia keunggulan dari penggunaan website untuk membantu perusahaan bisa tampil lebih eksis di mata publik secara luas.
Saat pebisnis memutuskan untuk memilih website sebagai toko online yang menampilkan produk-produknya, ada banyak alasan situs web penting bagi UMKM. Dengan memiliki website, mereka memiliki kesempatan yang lebih luas untuk mengendalikan iklim toko onlinenya, mulai dari tampilan halaman, katalog produk, hingga fitur-fitur lainnya.
Dengan website, pengalaman belanja konsumen bisa lebih mengesankan karena perusahaan bisa memegang kendali penuh terhadap program-program yang sedang dijalankan.
Keunggulan lain dari penggunaan website adalah perusahaan bisa lebih leluasa melakukan branding, artinya website bisa mengakomodasi berbagai macam strategi marketing perusahaan agar bisnis bisa berjalan dengan baik. Dengan website perusahaan bisa menampilkan info lengkap tentang brand dan produk hingga memajang produk-produk yang dijualnya.
Jika perusahaan memilih website untuk mengenalkan brand nya pada publik, keunggulan yang didapatkan adalah perusahaan bisa mendapat pandangan yang lebih eksklusif dari masyarakat karena profil dan produk perusahaan akan ditampilkan secara lebih khusus di website, artinya tidak ada tampilan produk dari perusahaan lain yang bisa menjadi distraksi para pengunjung website, hal ini bisa menjadi peluang besar untuk meningkatkan penjualan produk.
Lalu apa keunggulan dari ecommerce? Berikut adalah beberapa diantaranya!
Tidak seperti website, ecommerce cenderung lebih murah dalam hal biaya. Umumnya untuk membuat toko online di commerce perusahaan tidak dipungut biaya, mereka hanya perlu membuat akun toko online dan melengkapi syarat dan ketentuan yang berlaku. Namun, setelah itu mereka perlu memberikan persentase keuntungan kepada penyedia layanan sesuai kesepakatan di awal.
Saat menggunakan ecommerce, perusahaan diuntungkan dengan sudah tersedianya pasar yang organik dari iklim perbelanjaan online yang dilakukan oleh pelanggan-pelanggan di ecommerce, bisa dipastikan bahwa konsumen yang beragam secara acak bisa terhubung dengan toko online yang dimiliki perusahaan dan ada celah besar untuk melakukan aktivitas pembelian, itulah yang membuat ecommerce sangat menguntungkan untuk perusahaan-perusahaan baru.
Dalam setiap bulan kebanyakan ecommerce memberlakukan program-program promo besar-besaran untuk menarik para konsumen. Ada kalanya mereka juga memberikan promo seperti gratis ongkir dan voucher penjualan yang menguntungkan para konsumen.
Apabila diambil kesimpulan, antara website dan ecommerce memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Ecommerce cocok untuk perusahaan yang menyediakan budget terbatas karena bisa didapatkan secara gratis, sedangkan untuk perusahaan yang ingin tampil lebih profesional di mata konsumen bisa memilih website agar bisa terlihat lebih eksklusif.
Namun, jika ingin membuat website dengan harga yang lebih terjangkau. Karts.id memberikan alternatif terbaik untuk para pengusaha, dengan webstore.karts.id selain bisa menampilkan etalase produk-produk secara lebih eksklusif dan menarik, juga bisa membuat bisnis lebih terstruktur karena bisa langsung terhubung dengan aplikasi kasir yang juga ditawarkan oleh karts.id.