HomeTips & TrickRahasia Mempertahankan Pelanggan Lama
Rahasia Mempertahankan Pelanggan LamaBy: Elavigne - 30 Jan 2023
image

Kepuasan pelanggan merupakan indikator utama yang bisa memperlancar kegiatan bisnis perusahaan. Dengan adanya pelanggan yang loyal perusahaan tidak perlu khawatir lagi harus kemana mendistribusikan produk yang dijualnya. 

Mempertahankan pelanggan lama adalah salah satu bentuk strategi bisnis yang walaupun tampak sepele tetapi sangat berdampak besar terhadap kontinuitas dan stabilitas bisnis sebuah perusahaan. 

Lalu, apa saja yang perlu dipelajari untuk membuat para pelanggan tidak mudah berpaling? Berikut adalah beberapa rahasia mempertahankan pelanggan lama agar terus setia memakai produk yang dijual oleh perusahaan. 

Membuat Program Loyalitas Pelanggan

Seperti halnya seorang teman lama, pelanggan setia juga butuh mendapat perhatian khusus dan perlakuan berbeda. Mereka ada saat kita membutuhkan, jadi untuk menebus kebaikannya perusahaan juga harus memperlakukan pelanggan lama dengan cara yang sangat baik.

Buatlah program-program menarik yang bisa membuat pelanggan lama senang, misalnya dengan memberlakukan harga khusus untuk pelanggan lama yang sudah memiliki member atau hal lain semacamnya.

Berlakukan Diskon dan Promo

Selanjutnya, perusahaan juga bisa memberlakukan promo besar-besaran untuk para pelanggan lama, buatlah pelanggan lama merasa lebih spesial dengan memberikan diskon yang lebih besar daripada konsumen biasa.

Selain memberikan diskon, buat juga program promo terbatas kepada para pelanggan lama, misalnya dengan memberlakukan promo buy one get one atau promo khusus yang membuat pelanggan senang. 

Bangun Kedekatan Personal

Rahasia mempertahankan pelanggan lama lainnya adalah dengan terus berhubungan baik dengan konsumen dan bangun kedekatan personal dengan para pelanggan. Pastikan untuk menggunakan cara-cara yang menarik dan membuat pelanggan nyaman.

Untuk bisnis yang bergerak di bidang food and beverage, bisa menggunakan cara sederhana seperti memperhatikan dan menghafal menu-menu yang disukai pelanggan lama, jadi apabila konsumen tersebut datang, pelayan bisa langsung memberikan penawaran untuk memesan menu yang biasa mereka pesan, hal itu sedikit banyak bisa membuat konsumen merasa lebih diistimewakan dan lebih dikenal oleh para pekerja dan perusahaan. 

Direct Marketing

Direct marketing juga bisa menjadi salah satu cara yang dapat dipakai untuk mempertahankan pelanggan lama. Biasanya perusahaan menyimpan database pelanggan, baik itu nomor telepon, email, ataupun whatsapp-nya. 

Dalam beberapa kesempatan, database tersebut bisa digunakan untuk sarana promosi tentang informasi diskon atau program-program khusus untuk para pelanggan lama, kirimkan kabar baik tersebut  langsung kepada para konsumen dengan mengirimkannya email marketing, SMS penawaran, atau pesan whatsapp yang dikhususkan kepada para pelanggan lama agar bisa menikmati promo dan diskon dari perusahaan. 

Meningkatkan Kualitas Pelayanan

Dari semua hal yang dijelaskan sebelumnya tentang rahasia mempertahankan pelanggan lama, ada satu cara yang memiliki dampak paling signifikan yang bisa membuat para pelanggan tetap setia pada perusahaan atau tidak akan pernah berhenti mengkonsumsi produk yang dijual, yaitu dengan terus meningkatkan pelayanan.

Hal itu bisa diimplementasikan dengan banyak cara, misalnya untuk produk-produk yang dijual dipasaran, perusahaan hanya perlu untuk terus berinovasi dan meningkatkan nilai dan kegunaan produk yang dijualnya.

Sedangkan untuk bisnis yang bergerak dibidang pelayanan seperti cafe dan kedai kopi, perusahaan bisa meningkatkan kualitas pelayanannya dengan menggunakan aplikasi kasir untuk mempercepat transaksi pembayaran dengan para pelanggan.

Pastikan untuk menggunakan aplikasi kasir dari Karts.id untuk menunjang kegiatan bisnis agar lebih mudah dan menguntungkan. Dengan POS Karts, pelanggan akan diuntungkan dengan transaksi pembayaran yang lebih simpel transparan. Perusahaan juga bisa mendapatkan banyak kelebihan, seperti pengelolaan bisnis yang lebih terstruktur hingga laporan keuangan yang sudah terintegrasi dengan baik. 

Nah, itu dia informasi lengkap tentang rahasia mempertahankan pelanggan lama. Semoga ulasan tersebut bisa bermanfaat. 

TAGS
Artikel Berikutnya5 Ide Bisnis Restoran
Buat website toko online Anda sekarangWhatsapp Kami
Syarat dan Ketentuan
Kebijakan Privasi
© Copyright 2023. Karts.id. All Right Reserved.